Rabu, 30 April 2014

Android Masih Jadi Sasaran Program Jahat

Android Masih Jadi Sasaran Program Jahat


KOMPAS.com - Program jahat atau malware masih menjadi momok untuk sistem operasimobile terbuka besutan Google, Android. 

Sebuah
 laporan terbaru dari firma riset F-Secure yang dikutip oleh CNet menunjukkan, dari 277 "keluarga" malware di perangkat mobile yang ditemukan sepanjang kuartal pertama 2014, sebanyak 275 di antaranya atau hampir semua menyasar Android.

Sebaliknya, iOS dan Symbian masing-masing hanya disasar satu "keluarga" malware. Penelitian F-Secure kali ini dilakukan dalam jangka waktu Januari hingga Maret 2014.

F-Secure menganalisa sampel aplikasi dari toko-toko aplikasi, forum pengembang aplikasi, dan lokasi-lokasi
 online lainnya. Aplikasi yang ditemukan terinfeksi malware dikategorikan sebagai "keluarga" berdasarkan kesamaan kode dan perilaku program. 

Kebanyakan
 malware yang ditemukan berbentuk trojan, yang berusaha mengirimkan pesan SMS (bertarif premium) lalu mencuri informasi pengguna.

Isu keamanan telah lama menjadi bahan perdebatan antara Google dan vendor produk sekuriti. Google sempat menuduh bahwa para vendor ini melebih-lebihkan soal kerawanan Android untuk menjual produk sekuriti mereka.

Sementara, vendor produk sekuriti balik berargumen bahwa popularitas Android telah menjadikannya sasaran empuk bagi para penjahat cyber.

Meski Google telah menerapkan berbagai mekanisme untuk menangkap
 malware, toko aplikasi resmi untuk Android, Google Play Store, beberapa kali sempat kecolongan. Minggu lalu, misalnya, ditemukan aplikasi malware berbentuk wallpaper yang diam-diam mengubah perangkat terinfeksi menjadi alat menambang Bitcoin.

Untuk melindungi diri, F-Secure menyarankan para pengguna Android agar menerapkan upaya-upaya pencegahan seperti hanya mengunduh aplikasi dari sumber resmi, meneliti sebelum memberikan izin akses perangkat untuk aplikasi, dan menggunakan kunci
lockscreen untuk mencegah pemakaian tanpa izin.
Sumber kompas.com



1 komentar:


  1. Terpaksa sy ucapkn dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW yang sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bsa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN ANKA GHAIB TOGEL 2D sampai 6D dan PESUGIHAN DANA GHAIB. . pikir-pikir kurang lebih 7 tahun kerja jd Tkw di Taiwan hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN DANA GHAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn




    BalasHapus