Senin, 29 Oktober 2012

tugas 5 ( RENCANA USAHA)


Rencana Usaha
Perencanaan usaha (business plan) Dalam pengertian ekonomi, usaha atau bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan olehindividu maupun kelompok individu yang dilaksanakan secara legal dengan menggunakan danmengkombinasikan sumberdaya atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu laba bisnis ataulaba usaha (business profit).
Perencanaan adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pemilihan visi, misi dantujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran. Dari kedua pengertian diatas sekarang dapat didefinisikan arti perencanaan usaha yaitu sebagai proses penentuan visi,misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukanuntuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam perencanaan usaha terkandungadanya:
1) Visi, yaitu cita-cita masa depan perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.
2) Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yang membedakan perusahaan   dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
3) Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaan tersebut.4)Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semuasumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki.
Dalam dunia bisnis dikenal beberapa strategiyang biasa diterapkan perusahaan sebagai berikut:
(1) Defender, strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih dan mempertahankan pasar padasegmen sempit dari seluruh pasar  potensial yang ada.
(2) Prospector, strategi bisnis yang diarahkan secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnyamelalui inovasi produkproduk baru.
(3) Analyzer, strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitu meniru apa yang dilakukan prospektor. Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan risiko.
(4) Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnya melalui harga produk yang semurah-murahnya.
(5) Diferensiasi (differentiation strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikan produk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan olehkualitas yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancangan produk yang inovatif.
(6) Fokus (focus strategy), strategi bisnis yang diarahkan dalam segmen pasar yang sempit yangdijalankan melalui fokus dalam kepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi(differentiation focus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar