Rencana Usaha
Perencanaan
usaha (business plan) Dalam pengertian ekonomi, usaha atau bisnis adalah semua
kegiatan yang dilakukan olehindividu maupun kelompok individu yang dilaksanakan secara legal dengan
menggunakan danmengkombinasikan sumberdaya
atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh
manfaat finansial, yaitu laba bisnis ataulaba usaha (business profit).
Perencanaan
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pemilihan visi, misi dantujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan
anggaran. Dari kedua pengertian diatas sekarang dapat didefinisikan arti perencanaan usaha yaitu sebagai
proses penentuan visi,misi dan tujuan, strategi,
kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukanuntuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi
dalam perencanaan usaha terkandungadanya:
1) Visi, yaitu
cita-cita masa depan perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.
2) Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar
yang membedakan perusahaan dengan perusahaan lain serta mengidentifikasikan ruang
lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
3) Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari
usaha/perusahaan tersebut.4)Strategi adalah cara yang
ditempuh untuk mencapai tujuan usaha dengan melibatkan semuasumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki.
Dalam dunia bisnis dikenal beberapa strategiyang biasa diterapkan perusahaan sebagai berikut:
(1) Defender, strategi bisnis yang diarahkan
untuk meraih dan mempertahankan pasar padasegmen sempit dari seluruh pasar potensial yang ada.
(2) Prospector, strategi bisnis yang diarahkan
secara agresif untuk meraih pasar seluas-luasnyamelalui inovasi produkproduk baru.
(3) Analyzer, strategi bisnis yang dijalankan
melalui imitasi, yaitu meniru apa yang dilakukan prospektor. Strategi bisnis seperti ini bertujuan meraih keuntungan
dengan meminimalkan risiko.
(4) Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership
strategy), strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnya melalui harga produk yang semurah-murahnya.
(5) Diferensiasi (differentiation strategy),
strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikan produk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan olehkualitas yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancangan
produk yang inovatif.
(6) Fokus (focus strategy), strategi bisnis yang
diarahkan dalam segmen pasar yang sempit
yangdijalankan melalui fokus
dalam kepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi(differentiation focus)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar