Sabtu, 15 Juni 2013

(tugas 7) Komunikasi Dalam Bisnis



Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang berlangsung dalam kerangka bisnis (negosiasi), pemasaran (trading atau perniagaan), lobi, iklan, dan semua hal yang menyangkut ekonomi-kapital. Ingat, dalam bisnis, etika tetap diperlukan. Namun, bagi sebagian orang menganggap dalam bisnis tidak ada etika, yang penting untung, modal bertambah, dan penghasilan meningkat.
1. Bisnis Komunikasi Mencakup
·      Pemasaran.
·      Branding.
·      Relationships (hubungan pelanggan).
·      Perilaku konsumen.
·      Periklanan.
·      PR.
·      Komunitas.
·      Riset & pengukuran.
·      Manajemen reputasi.
·      Komunikasi interpersonal.
·      Keterlibatan karyawan.
·      Database online (teknologi informasi dan komunikasi).
·      Manajemen event.
·      Orientasi produk, layanan, organisasi, dan customer care.
2. Saluran Komunikasi Bisnis
·      Internet.
·      Radio.
·      Televisi.
·      Media cetak.
·      Word of mouth.
3. Metode Komunikasi Bisnis Modern
·      Berbasis web guna meningkatkan komunikasi lebih baik, kapan saja dan di mana saja tanpa hambatan ruang dan waktu tanpa harus bertatap muka.
·      Konferensi video online memungkinkan setiap orang mengadakan pertemuan interaktif, bahkan dengan atau melalui segenggam ponsel semisal Android.
·      Email, melakukan penawaran tertulis via email.
4. Tipe Transaksi Komunikasi Bisnis Model Baru
·      Bussiness to Bussiness (B2B).
·      Bussiness to Customer (B2C).
Kendatipun komunikasi bisnis ditujukan untuk memperoleh keuntungan, apabila cara-cara kita (komunikator) salah menafsirkan isi komunikasi (mitra bisnis), boleh dipastikan tujuan tidak akan tercapai. Tidak heran terkadang sebelum komunikasi bisnis (negosiasi) dimulai, diadakan jamuan makan. Gunanya apa? Supaya saling mengenal antara rekan (partner) bisnis.

Cara kita tampil berbicara dalam komunikasi bisnis, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, penting diperhatikan. Sebab, komunikasi bisnis digunakan membangun kemitraan untuk mempromosikan ide, produk, layanan. Itu semua untuk menciptakan nilai bagi bisnis Anda. Terserah apapun bisnis yang sedang Anda mulai, Anda jalankan, dan Anda kembangkan.

Satu hal lagi, dalam bisnis, kepercayaan dan kejujuran adalah mutlak diperlukan. Anda boleh cerdik, Anda boleh terkesan “menipu” konsumen dengan iklan-iklan semenarik mungkin. Akan tetapi, Anda tidak boleh berdusta. Kalau Anda takut ditipu, tidak usah berbisnis. Anda tidak akan menjadi apa-apa.

Orang sukses adalah orang yang menempuh risiko daripada harus kehilangan peluang. Komunikasi bisnis dipelajari untuk memahami bagaimana komunikasi bisa mencapai pengertian yang sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.
Memahami Konsep Komunikasi Melalui Pengertian Komunikasi Bisnis
Dunia bisnis tidak bisa lepas dari peran komunikasi di dalamnya. Bagaimana sebuah bisnis bisa dijalankan terletak dari sejauh mana komunikasi yang terjadi di dalamnya. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dengan tujuan untuk memengaruhi.

Dalam pengertian komunikasi bisnis, komunikasi merupakan proses bagaimana pesan yang berupa instruksi, pendelegasian kerja, penyampaian laporan kerja, serta hubungan antara atasan dengan bawahan. Lalu apakah pengertian komunikasi bisnis hanya sebatas itu?

Pengertian komunikasi bisnis memuat berbagai konsep yang bisa menjelaskan apa itu komunikasi bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, tidak hanya dibutuhkan investor, peningkatan penjualan, serta performa perusahaan saja, tetapi juga harus memperhatikan bagaimana seluruh proses dalam lingkungan perusahaan bisa berjalan dengan baik melalui komunikasi. Alur komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis pun tidak hanya berlaku untuk pihak internal saja, tetapi juga pihak eksternal.
Pengertian Komunikasi Bisnis – Pemahaman Konsep dalam Komunikasi Bisnis
Dunia bisnis bukan semata berbicara soal perekonomian, sumber daya manusia, sektor impor dan ekspor, untung-rugi saja, tetapi ada hal yang jauh lebih penting supaya semua itu bisa berjalan dengan baik. Sebuah perusahaan bisa berjalan dan bertahan dengan baik bila dilakukan dengan pendekatan komunikasi bisnis. Apa itu komunikasi bisnis? Seperangkat konsep dalam pengertian komunikasi bisnis yang bisa menjelaskannya.

Sebagian orang mungkin masih merasa bingung dengan komunikasi bisnis. Apakah memang sepenting itukah komunikasi bisnis dalam sebuah perusahaan? Tanpa kita sadari seluruh kegiatan bisnis dalam perusahaan tidak lepas dari peranan komunikasi. Oleh karena itulah diperlukan pemahaman lebih lanjut mengenai apa itu pengertian komunikasi bisnis sehingga bisa dikatakan sebagai salah faktor yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis.

Pengertian komunikasi bisnis ini bisa kita gunakan untuk menghalau berbagai kendala yang terjadi dalam perusahaan. Terutama berkaitan dengan proses manajemen dalam perusahaan, yang merupakan suatu aktivitas komunikasi. Biasanya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh seorang manajer dalam mengkomunikasikan kegiatan bisnisnya dalam perusahaan. Pada umumnya kendala yang dihadapi adalah:
·      Komunikasi yang buruk pada saat melakukan presentasi bisnis atau briefing dalam perusahaan, sedangkan komunikasi itu sangat esensial menentukan baik buruk komunikasi bisnis. Pesan yang disampaikan harus jelas dan mudah dimengerti, tanpa melihat jumlah pendengar apakah sedikit ataukah banyak.
·      Manajer cenderung menyampaikan pesan yang lemah, sehingga tidak memiliki power dan akhirnya akan hilang begitu saja. Penyampaian pesan yang lemah ini bisa menimbulkan pesan yang simpangsiur. Kurangnya sentuhan pada saat menyampaikan pesan seringkali menjadi pesan tersebut tidak menyentuh, sehingga pendengar tidak merasa perlu atau penting mendengarkannya.
·      Penyampaian pesan terkadang menggunakan media yang salah, sehingga tidak dapat menjangkau seluruh pendengar yang mendengarkannya.
·      Pesan yang tidak tersistematis atau campur aduk dalam penyampaiannya, sehingga membuat pendengar menjadi bingung. Bukan tidak mungkin pesan yang tidak sistematis ini akan menimbulkan kesalahpahaman yang bisa berakibat fatal.
·      Memilih topik pembicaraan yang tidak sesuai dengan pendengar atau pendengar. Misalnya dalam pertemuan antara perwakilan pemerintah dan kalangan pengusaha, presentasi yang disajikan mengupas mengenai situasi politik dan pemerintahan saja. Sehingga kalangan pengusaha tidak mendapatkan pemahaman atau informasi baru.
Untuk mengatasi berbagai kendala di atas diperlukan lagi pemahaman terhadap pengertian komunikasi bisnis khususnya bagi seorang manajer. Pemahaman ini penting mengingat perusahaan merupakan sebuah tim yang bila tidak dikelola dengan baik tidak akan bisa berjalan sesuai target.
Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Beberapa Ahli
Apa itu pengertian komunikasi bisnis? Kita bisa lebih memahami bagaimana itu komunikasi bisnis melalui berbagai konsep yang dikemukakan dalam pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli sebagai berikut:
·      Persing (1981: 108), mengatakan bahwa komunikasi bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan memesarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.
·      Komunikasi bisnis juga mengandung pengertian seperti yang diungkapkan oleh Katz (1994: 4) adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
·      Rosenblatt S. Bernand (1982: 7) mengatakan bahwa pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal maupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Berdasarkan beberapa pengertian komunikasi bisnis yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, dapat kita pahami jika komunikasi bisnis itu:
·      Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun nonverbal.
·      Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan sistem organisasi.
·      Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan, suatu produk, servis, atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.
Unsur-unsur Pokok dari Pengertian Komunikasi Bisnis
Kita telah melihat berbagai pengertian komunikasi bisnis dari berbagai sumber. Dari sana kita bisa melihat ada beberapa unsur pokok yang bisa kita ambil. Apa saja itu? Berikut beberapa unsur pokok dari komunikasi bisnis:
·      Komunikasi bisnis itu memiliki tujuan, maksudnya komunikasi bisnis itu harus mempunyai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan dan selaras dengan tujuan perusahaan.
·      Dalam proses komunikasi bisnis itu terjadi pertukaran pesan antara dua orang atau lebih dalam sebuah perusahaan.
·      Pesan komunikasi bisnis itu memuat ide atau gagasan, opini, instruksi, informasi yang dikemas berdasarkan tujuan, situasi dan kondisi perusahaan.
·      Kegiatan komunikasi bisnis menggunakan media personal atau nonpersonal melalui tatap muka, atau menggunakan media yang bisa menjangkau banyak pendengar secara serentak.
·      Komunikasi bisnis menggunakan simbol atau tanda, yang dijadikan sebagai alat untuk menimbulkan pemahaman pada saat menyampakan pesan kepada pendengar.
·      Komunikasi bisnis dilakukan guna mendorong pencapaian tujuan organisasi, sebagai salah satu karakteristik yang membedakan antara organisasi dengan lembaga formal berdasarkan informasi.
Bentuk dan Teknik sebagai Aplikasi dari Pengertian Komunikasi Bisnis
Pemahaman terhadap komunikasi bisnis tidak hanya sampai pada pengertian komunikasi bisnis saja. Dari sana kita juga bisa mengetahui apa saja bentuk dan teknik dari komunikasi bisnis. Berikut beberapa bentuk komunikasi bisnis sebagai aplikasi dari pengertian komunikasi bisnis:
·      Komunikasi Internal. Komunikasi internal dalam proses komunikasi bisnis ini sangat penting gunanya untuk menjaga organisasi bisa berjalan dengan baik, sehingga akan meminimalkan miskomunikasi di antara bagian-bagian dalam perusahaan.
·      Komunikasi Eksternal. Komunikasi eksternal dalam proses komunikasi bisnis ini dilakukan oleh perusahaan terkait dengan hubungan perusahaan dan masyarakat, hubungan dengan pemerintah, serta hubungan perusahaan dengan para konsumen atau pelanggan.
Lalu bagaimana dengan teknik komunikasi bisnis yang bisa digunakan untuk menjalankan perusahaan? Berikut beberapa teknik komunikasi bisnis, terutama erat kaitannya dengan promosi perusahaan:
·      Membuat Bulletin. Bulletin ini dibuat untuk menghimpun berbagai informasi mengenai perusahaan dan diterbitkan secara teratur apakah setiap minggu atau setiap bulan.
·      Membuat Film Dokumenter. Media film dokumenter merupakan media yang cukup jitu terutama menyangkut proses produksi dalam perusahaan, sehingga bisa disaksikan oleh ribuan konsumen.
·      Publisitas. Perusahaaan bisa mengundang wartawan untuk melakukan wawancara mengenai segala sesuatu mengenai perusahaan dan hal-hal penting lainnya seputar produksi, sejarah perusahaan, keunggulan produk dan sebagainya.
·      Promosi. Teknik ini merupakan teknik yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan untuk mengenalkan kepada publik. Dalam agenda promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar