Komunikasi bisnis adalah komunikasi
yang berlangsung dalam kerangka bisnis (negosiasi), pemasaran (trading atau
perniagaan), lobi, iklan, dan semua hal yang menyangkut ekonomi-kapital. Ingat,
dalam bisnis, etika tetap diperlukan. Namun, bagi sebagian orang menganggap
dalam bisnis tidak ada etika, yang penting untung, modal bertambah, dan
penghasilan meningkat.
1. Bisnis Komunikasi
Mencakup
·
Pemasaran.
·
Branding.
·
Relationships (hubungan pelanggan).
·
Perilaku konsumen.
·
Periklanan.
·
PR.
·
Komunitas.
·
Riset & pengukuran.
·
Manajemen reputasi.
·
Komunikasi interpersonal.
·
Keterlibatan karyawan.
·
Database online (teknologi informasi dan komunikasi).
·
Manajemen event.
·
Orientasi produk, layanan, organisasi, dan customer care.
2. Saluran Komunikasi
Bisnis
·
Internet.
·
Radio.
·
Televisi.
·
Media cetak.
·
Word of mouth.
3. Metode Komunikasi
Bisnis Modern
·
Berbasis web guna meningkatkan komunikasi lebih baik, kapan saja
dan di mana saja tanpa hambatan ruang dan waktu tanpa harus bertatap muka.
·
Konferensi video online memungkinkan setiap orang mengadakan
pertemuan interaktif, bahkan dengan atau melalui segenggam ponsel semisal
Android.
·
Email, melakukan penawaran tertulis via email.
4. Tipe Transaksi
Komunikasi Bisnis Model Baru
·
Bussiness to Bussiness (B2B).
·
Bussiness to Customer (B2C).
Kendatipun komunikasi bisnis ditujukan
untuk memperoleh keuntungan, apabila cara-cara kita (komunikator) salah
menafsirkan isi komunikasi (mitra bisnis), boleh dipastikan tujuan tidak akan
tercapai. Tidak heran terkadang sebelum komunikasi bisnis (negosiasi) dimulai,
diadakan jamuan makan. Gunanya apa? Supaya saling mengenal antara rekan
(partner) bisnis.
Cara kita tampil berbicara dalam komunikasi bisnis, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, penting diperhatikan. Sebab, komunikasi bisnis digunakan membangun kemitraan untuk mempromosikan ide, produk, layanan. Itu semua untuk menciptakan nilai bagi bisnis Anda. Terserah apapun bisnis yang sedang Anda mulai, Anda jalankan, dan Anda kembangkan.
Satu hal lagi, dalam bisnis, kepercayaan dan kejujuran adalah mutlak diperlukan. Anda boleh cerdik, Anda boleh terkesan “menipu” konsumen dengan iklan-iklan semenarik mungkin. Akan tetapi, Anda tidak boleh berdusta. Kalau Anda takut ditipu, tidak usah berbisnis. Anda tidak akan menjadi apa-apa.
Orang sukses adalah orang yang menempuh risiko daripada harus kehilangan peluang. Komunikasi bisnis dipelajari untuk memahami bagaimana komunikasi bisa mencapai pengertian yang sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.
Cara kita tampil berbicara dalam komunikasi bisnis, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, penting diperhatikan. Sebab, komunikasi bisnis digunakan membangun kemitraan untuk mempromosikan ide, produk, layanan. Itu semua untuk menciptakan nilai bagi bisnis Anda. Terserah apapun bisnis yang sedang Anda mulai, Anda jalankan, dan Anda kembangkan.
Satu hal lagi, dalam bisnis, kepercayaan dan kejujuran adalah mutlak diperlukan. Anda boleh cerdik, Anda boleh terkesan “menipu” konsumen dengan iklan-iklan semenarik mungkin. Akan tetapi, Anda tidak boleh berdusta. Kalau Anda takut ditipu, tidak usah berbisnis. Anda tidak akan menjadi apa-apa.
Orang sukses adalah orang yang menempuh risiko daripada harus kehilangan peluang. Komunikasi bisnis dipelajari untuk memahami bagaimana komunikasi bisa mencapai pengertian yang sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.
Memahami Konsep
Komunikasi Melalui Pengertian Komunikasi Bisnis
Dunia bisnis tidak bisa lepas dari
peran komunikasi di dalamnya. Bagaimana sebuah bisnis bisa dijalankan terletak
dari sejauh mana komunikasi yang terjadi di dalamnya. Komunikasi merupakan
proses penyampaian pesan dengan tujuan untuk memengaruhi.
Dalam pengertian komunikasi bisnis, komunikasi merupakan proses bagaimana pesan yang berupa instruksi, pendelegasian kerja, penyampaian laporan kerja, serta hubungan antara atasan dengan bawahan. Lalu apakah pengertian komunikasi bisnis hanya sebatas itu?
Pengertian komunikasi bisnis memuat berbagai konsep yang bisa menjelaskan apa itu komunikasi bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, tidak hanya dibutuhkan investor, peningkatan penjualan, serta performa perusahaan saja, tetapi juga harus memperhatikan bagaimana seluruh proses dalam lingkungan perusahaan bisa berjalan dengan baik melalui komunikasi. Alur komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis pun tidak hanya berlaku untuk pihak internal saja, tetapi juga pihak eksternal.
Dalam pengertian komunikasi bisnis, komunikasi merupakan proses bagaimana pesan yang berupa instruksi, pendelegasian kerja, penyampaian laporan kerja, serta hubungan antara atasan dengan bawahan. Lalu apakah pengertian komunikasi bisnis hanya sebatas itu?
Pengertian komunikasi bisnis memuat berbagai konsep yang bisa menjelaskan apa itu komunikasi bisnis. Untuk mengembangkan bisnis, tidak hanya dibutuhkan investor, peningkatan penjualan, serta performa perusahaan saja, tetapi juga harus memperhatikan bagaimana seluruh proses dalam lingkungan perusahaan bisa berjalan dengan baik melalui komunikasi. Alur komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis pun tidak hanya berlaku untuk pihak internal saja, tetapi juga pihak eksternal.
Pengertian Komunikasi
Bisnis – Pemahaman Konsep dalam Komunikasi Bisnis
Dunia bisnis bukan semata berbicara
soal perekonomian, sumber daya manusia, sektor impor dan ekspor, untung-rugi
saja, tetapi ada hal yang jauh lebih penting supaya semua itu bisa berjalan
dengan baik. Sebuah perusahaan bisa berjalan dan bertahan dengan baik bila
dilakukan dengan pendekatan komunikasi bisnis. Apa itu komunikasi bisnis?
Seperangkat konsep dalam pengertian komunikasi bisnis yang bisa menjelaskannya.
Sebagian orang mungkin masih merasa bingung dengan komunikasi bisnis. Apakah memang sepenting itukah komunikasi bisnis dalam sebuah perusahaan? Tanpa kita sadari seluruh kegiatan bisnis dalam perusahaan tidak lepas dari peranan komunikasi. Oleh karena itulah diperlukan pemahaman lebih lanjut mengenai apa itu pengertian komunikasi bisnis sehingga bisa dikatakan sebagai salah faktor yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis.
Pengertian komunikasi bisnis ini bisa kita gunakan untuk menghalau berbagai kendala yang terjadi dalam perusahaan. Terutama berkaitan dengan proses manajemen dalam perusahaan, yang merupakan suatu aktivitas komunikasi. Biasanya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh seorang manajer dalam mengkomunikasikan kegiatan bisnisnya dalam perusahaan. Pada umumnya kendala yang dihadapi adalah:
Sebagian orang mungkin masih merasa bingung dengan komunikasi bisnis. Apakah memang sepenting itukah komunikasi bisnis dalam sebuah perusahaan? Tanpa kita sadari seluruh kegiatan bisnis dalam perusahaan tidak lepas dari peranan komunikasi. Oleh karena itulah diperlukan pemahaman lebih lanjut mengenai apa itu pengertian komunikasi bisnis sehingga bisa dikatakan sebagai salah faktor yang mendukung keberhasilan sebuah bisnis.
Pengertian komunikasi bisnis ini bisa kita gunakan untuk menghalau berbagai kendala yang terjadi dalam perusahaan. Terutama berkaitan dengan proses manajemen dalam perusahaan, yang merupakan suatu aktivitas komunikasi. Biasanya ada beberapa kendala yang dihadapi oleh seorang manajer dalam mengkomunikasikan kegiatan bisnisnya dalam perusahaan. Pada umumnya kendala yang dihadapi adalah:
·
Komunikasi yang buruk pada saat melakukan presentasi bisnis atau
briefing dalam perusahaan, sedangkan komunikasi itu sangat esensial menentukan
baik buruk komunikasi bisnis. Pesan yang disampaikan harus jelas dan mudah
dimengerti, tanpa melihat jumlah pendengar apakah sedikit ataukah banyak.
·
Manajer cenderung menyampaikan pesan yang lemah, sehingga tidak
memiliki power dan akhirnya akan hilang begitu saja. Penyampaian pesan yang
lemah ini bisa menimbulkan pesan yang simpangsiur. Kurangnya sentuhan pada saat
menyampaikan pesan seringkali menjadi pesan tersebut tidak menyentuh, sehingga
pendengar tidak merasa perlu atau penting mendengarkannya.
·
Penyampaian pesan terkadang menggunakan media yang salah, sehingga
tidak dapat menjangkau seluruh pendengar yang mendengarkannya.
·
Pesan yang tidak tersistematis atau campur aduk dalam
penyampaiannya, sehingga membuat pendengar menjadi bingung. Bukan tidak mungkin
pesan yang tidak sistematis ini akan menimbulkan kesalahpahaman yang bisa
berakibat fatal.
·
Memilih topik pembicaraan yang tidak sesuai dengan pendengar atau
pendengar. Misalnya dalam pertemuan antara perwakilan pemerintah dan kalangan
pengusaha, presentasi yang disajikan mengupas mengenai situasi politik dan
pemerintahan saja. Sehingga kalangan pengusaha tidak mendapatkan pemahaman atau
informasi baru.
Untuk mengatasi berbagai kendala di
atas diperlukan lagi pemahaman terhadap pengertian komunikasi bisnis khususnya
bagi seorang manajer. Pemahaman ini penting mengingat perusahaan merupakan
sebuah tim yang bila tidak dikelola dengan baik tidak akan bisa berjalan sesuai
target.
Pengertian Komunikasi
Bisnis Menurut Beberapa Ahli
Apa itu pengertian komunikasi bisnis?
Kita bisa lebih memahami bagaimana itu komunikasi bisnis melalui berbagai
konsep yang dikemukakan dalam pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli
sebagai berikut:
·
Persing (1981: 108), mengatakan bahwa komunikasi bisnis adalah
proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan
unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan,
baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang dilakukan di dalam
suatu organisasi yang membayar orang yang secara bersama-sama memproduksi dan
memesarkan barang-barang dan jasa guna memperoleh keuntungan.
·
Komunikasi bisnis juga mengandung pengertian seperti yang
diungkapkan oleh Katz (1994: 4) adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep
yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil.
·
Rosenblatt S. Bernand (1982: 7) mengatakan bahwa pengertian
komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, informasi,
instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal maupun
nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.
Berdasarkan beberapa pengertian
komunikasi bisnis yang telah dikemukakan oleh para ahli di atas, dapat kita
pahami jika komunikasi bisnis itu:
·
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia
bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal
maupun nonverbal.
·
Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi
untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur dan
sistem organisasi.
·
Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk
membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu
gagasan, suatu produk, servis, atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk
menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.
Unsur-unsur Pokok
dari Pengertian Komunikasi Bisnis
Kita telah melihat berbagai pengertian
komunikasi bisnis dari berbagai sumber. Dari sana kita bisa melihat ada
beberapa unsur pokok yang bisa kita ambil. Apa saja itu? Berikut beberapa unsur
pokok dari komunikasi bisnis:
·
Komunikasi bisnis itu memiliki tujuan, maksudnya komunikasi bisnis
itu harus mempunyai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan dan selaras
dengan tujuan perusahaan.
·
Dalam proses komunikasi bisnis itu terjadi pertukaran pesan antara
dua orang atau lebih dalam sebuah perusahaan.
·
Pesan komunikasi bisnis itu memuat ide atau gagasan, opini,
instruksi, informasi yang dikemas berdasarkan tujuan, situasi dan kondisi
perusahaan.
·
Kegiatan komunikasi bisnis menggunakan media personal atau
nonpersonal melalui tatap muka, atau menggunakan media yang bisa menjangkau
banyak pendengar secara serentak.
·
Komunikasi bisnis menggunakan simbol atau tanda, yang dijadikan
sebagai alat untuk menimbulkan pemahaman pada saat menyampakan pesan kepada
pendengar.
·
Komunikasi bisnis dilakukan guna mendorong pencapaian tujuan
organisasi, sebagai salah satu karakteristik yang membedakan antara organisasi
dengan lembaga formal berdasarkan informasi.
Bentuk dan Teknik
sebagai Aplikasi dari Pengertian Komunikasi Bisnis
Pemahaman terhadap komunikasi bisnis
tidak hanya sampai pada pengertian komunikasi bisnis saja. Dari sana kita juga
bisa mengetahui apa saja bentuk dan teknik dari komunikasi bisnis. Berikut
beberapa bentuk komunikasi bisnis sebagai aplikasi dari pengertian komunikasi
bisnis:
·
Komunikasi Internal. Komunikasi internal dalam proses komunikasi
bisnis ini sangat penting gunanya untuk menjaga organisasi bisa berjalan dengan
baik, sehingga akan meminimalkan miskomunikasi di antara bagian-bagian dalam
perusahaan.
·
Komunikasi Eksternal. Komunikasi eksternal dalam proses komunikasi
bisnis ini dilakukan oleh perusahaan terkait dengan hubungan perusahaan dan
masyarakat, hubungan dengan pemerintah, serta hubungan perusahaan dengan para
konsumen atau pelanggan.
Lalu bagaimana dengan teknik komunikasi
bisnis yang bisa digunakan untuk menjalankan perusahaan? Berikut beberapa
teknik komunikasi bisnis, terutama erat kaitannya dengan promosi perusahaan:
·
Membuat Bulletin. Bulletin ini dibuat untuk menghimpun berbagai
informasi mengenai perusahaan dan diterbitkan secara teratur apakah setiap
minggu atau setiap bulan.
·
Membuat Film Dokumenter. Media film dokumenter merupakan media
yang cukup jitu terutama menyangkut proses produksi dalam perusahaan, sehingga
bisa disaksikan oleh ribuan konsumen.
·
Publisitas. Perusahaaan bisa mengundang wartawan untuk melakukan
wawancara mengenai segala sesuatu mengenai perusahaan dan hal-hal penting
lainnya seputar produksi, sejarah perusahaan, keunggulan produk dan sebagainya.
·
Promosi. Teknik ini merupakan teknik yang paling banyak dilakukan
oleh perusahaan untuk mengenalkan kepada publik. Dalam agenda promosi ini
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar